Serba Serbi Gema Muharram 1440 H dan Market Day di SIT Nurul Fajri

Salah satu sekolah menengah pertama swasta di kabupaten Bekasi yakni SIT Nurul Fajri, mengadakan sebuah event untuk menyambut bulan Muharram dengan tema Gema Muharram. Acara tersebut terdiri dari Market Day, lomba guru dan murid, dan berbagai acara lainnya. S ebagai sekolah yang didasari dengan Islam Terpadu, sudah sewajarnya untuk selalu merayakan tahun baru Islam Hijriyah. Gema Muharram merupakan sebuah acara yang diadakan dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah. Acara ini diisi dengan lomba-lomba Islami dan puncak acara berupa Bazar atau dalam bahasa umum disebut Market Day. Berbagai lomba dan acara menarik telah diikuti oleh para murid maupun guru SIT Nurul Fajri. Dari murid SDIT sampai SMAIT ikut merayakan tahun baru Hijriyah dan mendirikan stand tempat berjualan ketika Bazar atau Market Day. Lomba untuk merayakan Gema Muharram sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya, tapi puncak penghujung acara tersebut jatuh pada tanggal 6 Oktober 2018 di gedung SMPIT Nurul Fajri.  Wali murid, anak-anak beserta guru-guru SIT Nurul Fajri hadir dan ikut serta dalam perayaan Gema Muharram tahun ini.

Lomba pertama yang diadakan dalam merayakan Gema Muharram adalah lomba Kreasi Hijab untuk para ibu guru SIT Nurul Fajri. Para ibu guru dengan antusias mengikuti lomba ini untuk meramaikan gema muharram.  Beragam kreasi hijab dibuat oleh para ibu guru, banyak jenis dan kreasi yang terlihat bagus dan cocok digunakan, tetapi tidak sedikit yang terlihat lumayan berbeda dan unik. Lomba kreasi hijab diikuti oleh beberapa tim yang terdiri dari tiga guru, dengan satu sebagai model dan sisanya mengkreasikan hijab untuk model. Dilain hari tepatnya pada hari Rabu, murid putra mengikuti lomba futsal dan badminton, sedangkan

murid putri melakukan kegiatan menanam tanaman apotek hidup. Di hari

berikutnya, murid putri yang mengikuti lomba olahraga sedangkan murid putra menanam tanaman apotek hidup. Tujuan dalam kegiatan penanaman tanaman apotek hidup ini tidak lain adalah untuk meningkatkan jumlah tanaman obat di sekolah yang juga sebagai sarana pembelajaran murid-murid. Para murid dianjurkan untuk membawa sebuah tanaman obat yang akan ditanam di sekitar lingkungan sekolah, menciptakan suasana sekolah yang bersih dan sehat. Diikuti dengan lomba olahraga dan pembiasaan menjaga lingkungan bersih. Oh iya, kegiatan ini juga dikarenakan karena SMP IT Nurul Fajri juara 1 sebagai sekolah sehat J

Kegiatan lain yang diadakan oleh sekolah adalah menonton film G30S PKI sebagai pembelajaran pentingnya Pancasila dan sejarahnya. Lalu di hari Jum’at, diadakan lomba ‘Ranking 1’ untuk seluruh murid kelas 6 SD dan 9 SMP, sedangkan kelas lainnya menyiapkan stand untuk bazar hari Sabtu. Kegiatan bazar berlokasi di kantin Ikhwan dan kantin Akhwat. Para murid dari berbagai kelas sudah mulai menyiapkan dan menghias stand-nya dari pagi hari, beragam jenis hiasan dibuat dan ditempelkan ke masing-masing stand mereka.

Keesokan harinya puncak acara Gema Muharram, hari Sabtu 6 Oktober diadakan Market Day dan lomba membuat nasi Tumpeng oleh wali murid. Bermacam jenis produk dijual di berbagai stand yang berbeda, mulai dari makanan, minuman, dan aksesoris. Sistem jual beli Market day menggunakan beberapa jenis kupon dengan harga berbeda, dari seribu rupiah sampai puluhan ribu. Pada pagi hari sebelum kegiatan bazar, terdapat pembukaan yang menampilkan beberapa penampilan dari ekskul Angklung, Marawis, Paskibra, dan penampilan kakak kelas SMA. Penampilan yang tidak ditampilkan pada tahun sebelumnya langsung mendapatkan tepukan meriah dari para penonton. Terutama, penampilan baris-berbaris yang ditampilkan oleh kelas 9, baru tahun ini kelas 9 membuat sebuah penampilan pembukaan untuk acara Market day. Ide ini sendiri datang dari anggota OSIS kelas 9 untuk menampilkan sebuah penampilan baris-berbaris yang cukup unik, yang lalu disetujui oleh dewan guru.

Penampilan pembukaan Market Day dan proses jual beli bazar berjalan dengan cukup lancar. Sedangkan ketika para murid melakukan proses bazar, wali murid dari kelas 1 sampai 9 mengikuti lomba membuat nasi Tumpeng. Kegiatan bazar selesai sekitar jam 10 dan semua kelas yang memiliki stand mulai menghitung pendapatan mereka masing-masing, sedangkan di aula gedung SMP, nasi Tumpeng dari berbagai kelompok wali murid mulai dinilai, dan pemenang dari lomba-lomba sebelumnya mulai diumumkan. Proses penilaian dan pengunguman pemenang lomba memakan waktu yang cukup lama, beberapa murid memutuskan untuk langsung pulang. Setelah diumumkannya pemenang lomba-lomba Gema Muharram, terdapat acara makan bersama di kelas masing-masing. Setelah mengikuti berbagai lomba dan acara, lalu diakhiri dengan penutup dan  makan bersama wali murid dan wali kelas, para murid baru diperbolehkan pulang ke rumah mereka masing-masing.

Gema Muharram diadakan untuk merayakan tahun baru islam Hijriyah, berbagai lomba dan acara diadakan oleh sekolah. Di waktu yang bersamaan, sekolah juga mengadakan acara Bazar atau Market Day. Mempersiapkan dua acara bersamaan bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh panitia pengurus acara. Lomba dan acara yang diadakan tidak hanya sembarang lomba dan acara biasa, lomba dan acara yang diadakan merupakan lomba-lomba dan acara-acara Islami yang memiliki kandungan makna tersendiri. Dalam merayakan tahun baru Hijriyah ini, SIT Nurul Fajri mengajak seluruh warga sekolahnya untuk berlomba dan mengikuti acara Islami yang bermanfaaat untuk kepribadian para murid maupun orangtua dan guru-guru SIT Nurul Fajri.

Beberapa Kumpulan Foto :


Tinggalkan Balasan